Senin, 17 Desember 2012
soal latihan logika dan agoritma 1
Benar atau Salah?
1. (-3) + 4 adalah operator yang bersifat Ternary.
Jawab : Salah. Sifatnya ada Binary karena melibatkan 2 operand.
2. Operator yang bersifat Binary contohnya 6 + 7.
Jawab : Benar.
3. Operator Bitwise adalah operator yang melibatkan 2 operand pada sebuah operator
aritmatika.
Jawab : Salah. Operator Bitwise digunakan untuk memanipulasi data dalam bentuk bit.
4. % adalah operator untuk sisa pembagian (mod).
Jawab : Benar.
5. %d adalah penentu format untuk variabel dengan tipe data decimal.
Jawab : Salah. %d adalah format untuk variable dengan tipe data Integer.
6. Operator logika OR akan bernilai salah jika salah satu ekspresi bernilai salah.
Jawab : Salah. Operator logika OR akan bernilai benar jika salah satu ekspresi bernilai
salah, atau salah ekspresi bernilai benar. Dan akan bernilai salah jika kedua ekspresi
bernilai salah.
7. Operator logika AND akan bernilai benar jika semua ekspresi yang direlasikan bernilai
benar.
Jawab : Benar.
8. Ekspresi relasi --> X - 5 > 9 penggunaan operator logika NOT adalah ! X - 5 > 9
Jawab : Benar.
9. Puts adalah salah satu perintah masukan tanpa spasi.
Jawab : Puts adalah salah satu perintah keluaran, bukan masukan.
10. Scanf adalah perintah masukan dengan menggunakan spasi tapi dianggap sebagai data
yang terpisah.
Jawab : Salah. Scanf adalah perintah masukan tanpa menggunakan spasi dan dianggap
sebagia data terpisah. Masukan dengan menggunakan spasi adalah perintah gets.
soal latihan algoritma dan pemograman
1. Borland C++ memiliki . . .
a. 7 tipe data dasar dan 2 tipe data tambahan
b. 7 tipe data dasar dan 3 tipe data tambahan
c. 3 tipe data dasar dan 7 tipe data tambahan
d. 6 tipe data dasar dan 3 tipe data tambahan
2. Tipe data yang bisa menampung data berupa karakter atau kata-kata adalah
a. Charachter
b. String
c. Char
d. Text
3. Suatu nilai yang bersifat tetap disebut . . .
a. Variabel
b. Konstanta Bilangan
c. Konstanta Teks
d. Konstanta
4. Tempat menampung data atau konstanta di memori yang mempunya nilai atau data
yang dapat berubah-ubah selama proses program disebut . . .
a. Tipe data
b. Variabel
c. Konstanta
d. String
5. Perintah keluaran yang disediakan oleh Borland C++ diantaranya adalah . . .
a. cout dan cin
b. cin dan gets
c. cout dan printf
d. cout dan scanf
6. Perintah masukan yang disediakan oleh Borland C++ diantaranya adalah . . .
a. cout dan cin
b. cin dan gets
c. cout dan printf
d. cout dan scanf
7. Escape sequences \n berfungsi untuk . . .
a. membuat baris baru
b. membuat garis baru
c. membuat paragraf baru
d. membuat halaman baru
8. File header dari fungsi cout adalah . . .
a. conio.h
b. string.h
c. stdio.h
d. iostream.h
9. File header conio.h harus digunakan untuk salah satu fungsi dibawah ini, yaitu . . .
a. cout
b. getch
c. cin
d. gets
10. Fungsi manipulasi string yang berfungsi untuk menambahkan string sumber ke awal
string tujuan adalah . . .
a. strcat( )
b. strcmp( )
c. strcpy( )
d. strlen( )
11. Fungsi manipulasi string yang berfungsi untuk menyalin string asal ke variabel string
tujuan adalah . .
a. strcat( )
b. strcmp( )
c. strcpy( )
d. strlen( )
12. Fungsi manipulasi string yang berfungsi untuk membandingkan string pertama dengan
string kedua adalah . . .
a. strcat( )
b. strcmp( )
c. strcpy( )
d. strlen( )
13. Fungsi manipulasi string strrev() berfungsi . . .
a. menyalin string asal ke variabel string tujuan
b. menambahkan string sumber ke tujuan
c. membalikkan letak urutan pada string
d. membandingkan string pertama dan kedua
14. cout<<“Masukan Kata :”;cin>>kata;
cout<<strlen(kata);
kata yang dimasukkan adalah Pondok Indah, maka hasil dari strlen(kata) adalah . . .
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14
entrepreneurship
BAB I
PENDAHULUAN
1. Umum
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para pengusaha dalam menjalankan usaha rumah makan dan tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan rumah makan tersebut. Tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi beberapa faktor,diantaranya pelayanan,
Menu yang ditawarkan, fasilitas, kuantitas, ataupun harga kepuasan konsumen menjadi salah satu penunjang dalam kelanjutan suatu usaha, maka dari itu seorang pengusaha harus mengutamakan kepuasan konsumen.
2. Khusus
Saat ini persaingan di dunia kerja semakin berat dan pengangguran semakin bertambah banyak. Memaksakan pemerintah agar segera mengatasi pengangguran dengan memperluas lapangan pekerjaan adalah hal yang mustahil. Pengangguran tidak hanya berasal dari masyarakat yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang tertentu tetapi juga dari para karyawan-karyawan yang dipensiunkan secara dini oleh perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Dengan demikian bisa dibayangkan berapa banyak masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai pekerjaan. Dalam hal ini harus ada kesadaran dari seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mengatasi pengangguran karena pemerintah hanya membantu dengan program-program pemerintahan seperti UKM (Usaha Kecil Menengah), sementara itu yang harus menjalankannya adalah masyarakat itu sendiri. Pemerintah berharap agar masyarakat tidak terpaku hanya sebagai pencari kerja. Di era pasar terbuka saat ini masyarakat harus merubah pola pikirnya dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan (entrepreneur).
3. Sistematika Penulisan
a. Latar belakang
Manusia sebagai makhluk ekonomi, yaitu manusia berperilaku mengatur segala kebutuhan dengan cara memanajemenkan keuangannya untuk mencapai suatu rasa puas. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia memerlukan suatu pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Banyaknya jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada, membuat manusia itu sendiri berfikir apa yang harus dilakukan dengan keadaan yang seperti ini, sementara kebutuhan hidup harus segera dipenuhi.
Terfikir oleh sebagian orang yang memiliki modal dan berfikiran cermat, untuk membangun suatu usaha. Menjadi seorang Wirausaha bukanlah hal yang mudah, akan tetapi membutuhkan suatu pemikiran matang tentang rincian dan tujuan dari usaha tersebut. Pemikiran yang cermat tertuju pada usaha yang sangat dibutuhkan orang. Macam-macam kebutuhan seseorang memang berbeda-beda dalam hal konsumsi, tapi dalam hal kebutuhan pangan, seseorang khususnya orang Indonesia sama-sama mengkonsumsi nasi sebagai makan pokok. Dan usaha tersebut tertuju pada usaha rumah makan.
Usaha rumah makan membutuhkan perhatian khusus dalam menjalankannya. Karena jenis usaha ini sangat sensitif terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen terhadap suatu rumah makan, akan mendatangkan dampak positif bagi berlangsungnya usaha rumah makan tersebut. Loyalitas konsumen terhadap suatu rumah makan menunjukan kecenderungan konsumen untuk melakukan kunjungan ulang dalam suatu periode tertentu.
Kualitas pelayanan menjadi salah satu keutaman dalam kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat membantu rumah makan tersebut dalam memperoleh pelanggan baru.
Terfikir oleh sebagian orang yang memiliki modal dan berfikiran cermat, untuk membangun suatu usaha. Menjadi seorang Wirausaha bukanlah hal yang mudah, akan tetapi membutuhkan suatu pemikiran matang tentang rincian dan tujuan dari usaha tersebut. Pemikiran yang cermat tertuju pada usaha yang sangat dibutuhkan orang. Macam-macam kebutuhan seseorang memang berbeda-beda dalam hal konsumsi, tapi dalam hal kebutuhan pangan, seseorang khususnya orang Indonesia sama-sama mengkonsumsi nasi sebagai makan pokok. Dan usaha tersebut tertuju pada usaha rumah makan.
Usaha rumah makan membutuhkan perhatian khusus dalam menjalankannya. Karena jenis usaha ini sangat sensitif terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen terhadap suatu rumah makan, akan mendatangkan dampak positif bagi berlangsungnya usaha rumah makan tersebut. Loyalitas konsumen terhadap suatu rumah makan menunjukan kecenderungan konsumen untuk melakukan kunjungan ulang dalam suatu periode tertentu.
Kualitas pelayanan menjadi salah satu keutaman dalam kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat membantu rumah makan tersebut dalam memperoleh pelanggan baru.
4. Profil Usaha
a. Nama Tempat Usaha : Mas Cahyo
Jenis Usaha : Rumah Makan Tenda / Pecel Lele
Awal Mulai Usaha : Dari Tahun 2004 - Sekarang
Alamat Usaha : Jl. Adisucipto Gg. Asoka Kab. Kubu Raya
Propinsi Kalimantan Barat
Nama Pemilik Usaha : Bapak. Sumarwan
Tempat/ Tanggal Lahir : Bantul, 02 April 1978 / 34 Tahun
Nama Istri : Siti Insiah
Nama Anak : Olivia Widya Puspita
b. Sejarah Dibangunya Rumah Makan Tenda :
Sebelum saya buka usaha rumah makan tenda ini, saya dulu bekerja ditempat penjualan nasi goreng sebagai tukang cuci piring, 2 (dua) tahun saya bekerja sebagai tukang cuci piring akhirnya saya mencoba bertanya kepada pemilik penjual nasi, untuk membangun usaha bagaiman caranya, akhirnya si pemilik pun menjelaskan kepada saya dan saya pun termotifasi untuk membuka usaha rumah Makan tenda dengan uang penghasilan saya semenjak bekerja sebagai tukang cuci piring, terkumpul modal awal saya 5 juta rupiah. Dengan modal usaha 5 juta rupiah saya mulai membeli 2 buah gerobak punya pak warso seharga 2.5 juta rupiah, dan sisa 2.5 juta rupiah modal membeli perlengkapan dan modal untuk membeli bahan baku. Setelah sebulan usaha saya berjalan ternyata masih banyak hambatan-hambatannya seperti omset yang masih rendah, barang yang berusia tua sehingga butuh perawatan dan masih banyanya peralan yang belum lengkap. Saya sempat putus asa karena modal saya semakin menipis, akhirnya saya menceritakan kepada teman dekat saya yang bernama Rahmat Yudi saya disarangkan untuk bertahan sampai 3 bulan kedepan dan saya berusaha ulet & tekun serta berdoa untuk kemajuan usaha saya. Hari demi hari saya jalani dengan penuh harapan dan kekuatan tekat bahwa usaha saya pasti bisa sukses, Akhirnya dari waktu kewaktu usaha mulai berkembang sampai sekang saya sudah mempunyai 4 cabang usaha rumah makan tenda.
BAB II
ANALISA USAHA
1. Prepektif Masa depan
Aspek-aspek Yang Perlu Diperhatikan :
a. Place / Lokasi
Pemilihan lokasi yang strategis, yang dapat diketahui oleh
banyak orang. Contoh lokasi daerah kampus, perkantoran/pabrik, mal/tempat berbelanja, tempat wisata, daerah perumahan.
a. Place / Lokasi
Pemilihan lokasi yang strategis, yang dapat diketahui oleh
banyak orang. Contoh lokasi daerah kampus, perkantoran/pabrik, mal/tempat berbelanja, tempat wisata, daerah perumahan.
b. Product / Produk
Jenis masakan atau menu yang disajikan harus difikirkan dengan matang, ingin jenis masakan tradisional atau modern.
Jenis makanan yang disajikan juga harus bervariasi, agar konsumen tertarik dengan menu-menu yang ditawarkan.
c. Price / Harga
Harga yang ditawarkan kalau bisa yang terjangkau, atau disesuaikan dengan lokasi/daerah. Sebagai konsumen, pasti ingin selalu membayar dengan harga yang murah. Tapi lihat juga jenis makanan yang ditawarkan, jika enak dan terkesan istimewa, tentu harganya juga harus lebih mahal.
Jenis masakan atau menu yang disajikan harus difikirkan dengan matang, ingin jenis masakan tradisional atau modern.
Jenis makanan yang disajikan juga harus bervariasi, agar konsumen tertarik dengan menu-menu yang ditawarkan.
c. Price / Harga
Harga yang ditawarkan kalau bisa yang terjangkau, atau disesuaikan dengan lokasi/daerah. Sebagai konsumen, pasti ingin selalu membayar dengan harga yang murah. Tapi lihat juga jenis makanan yang ditawarkan, jika enak dan terkesan istimewa, tentu harganya juga harus lebih mahal.
d. Promotion / Promosi
Promosi yang harus dilakukan, ialah memasang papan nama
di depan rumah makan anda, atau memasang spanduk
di pinggir-pinggir jalan raya agar bisa dilihat oleh banyak
orang. Promosi juga dapat di lakukan melalui internet
Promosi yang harus dilakukan, ialah memasang papan nama
di depan rumah makan anda, atau memasang spanduk
di pinggir-pinggir jalan raya agar bisa dilihat oleh banyak
orang. Promosi juga dapat di lakukan melalui internet
2. Analisa Persaingan
Hasil Penelitian dan Analisis
Tahapan-tahapan pedoman dalam melaksanakan usaha rumah makan tenda
a. Menetapkan sasaran pembeli
b. Melakukan analisis pesaing, dengan mendidentifikasi pesaing yang sudah terlebih dahulu melakukan kegiatan usaha. Kemudian lakukan analisis secara sederhana.
c. Menyiapkan menu makanan yang bervariasi dengan harga yang murah.
d. Lokasi usaha dibuat dengan standar layaknya rumah makan
e. Menyiasati kebutuhan modal. Hal ini dapat berasal dari modal patungan, sehingga berikutnya adalah tinggal membagi porsi kepemilikan usaha. Juga ditekankan bahwa yang dibagi tidak hanya keuntungan, tetapi juga kerugian. Jika semua pihak yang menyetor modal juga aktif berpartisipasi dalam menjalankan usaha, maka untung rugi perusahaan dibagi berdasarkan besar kecilnya modal.
f. Mengenai masalah perhitungan biaya usaha, maka bisa diatur sbb:
1. modal awal mendirikan usaha seperti, mendirikan bangunan, membeli peralatan masak, peralatan makan, dan perizinan
2. modal pembelian persediaan bahan baku seperti bahan masakan ( beras, bumbu, sayur, Ayam, pecel lele dll), dan juga minuman
3. modal operasional seperti gaji karyawan listrik, gas, telpon, dll. Khusus untuk modal pembelian bahan baku dan modal operasional, sebaiknya disiapkan untuk minimal 3 bulan ke depan, agar usaha tetap dapat berjalan selama 3 bulan pertama dan belum menghasilkan keuntungan.
g. Pengorganisasian usaha jelas, siapa mengerjakan apa.
h. Mengetahui daftar belanja bahan baku antara lain :
i. Menetapkan biaya-biaya, seperti biaya tenaga kerja biaya peralatan; biaya listrik, air
3. Segmen Pasar Yang dimasuki
Pilih lokasi yang sestrategis mungkin agar banyak orang mudah mengunjungi rumah makan kita. Biasanya tempat yang strategis yaitu di dekat kantor, kampus, pinggir jalan raya, dan tempat-tempat yang selalu dilalui oleh orang-orang yang beraktivitas di luar rumah. Tempatnya tidak perlu terlalu besar dulu, sesuaikan dengan modal dan toleransi Anda menghadapi risiko usaha. Desain rumah makan kita dan buat tempat yang senyaman mungkin, bila kita mempunyai konsep dalam hal mentata ruangan itu lebih bagus. Misalnya tempat dari rumah makan kita bertema tradisional, maka atur ruangan sedemikian mungkin untuk menyesuaikan dengan tema yang kita pakai. Ini juga akan menambah nilai plus dari para pelanggan yang mengunjungi rumah makan kita
BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Produk Atau Jasa Yang Dihasilkan
MAKANAN
|
MINUMAN
|
1. Pecel Goreng
|
1. Teh Panas/Dingin
|
2. Pecel Lele Goreng/Bakar
|
2. Jeruk Nipis Panas/Dingin
|
3. Nasi Goreng
|
3. Jeruk Besar Panas/Dingin
|
4. Es Teler
|
B. Jasa pelayanan
Jasa Pelayanan Yang Dihasilkan adalah Jasa Pelayanan Disaat Pengunjung/ konsumen Yang datang Ketempat Kita, Itupun hanya Pelayanan Melayani Pada Saat Konsumen Memesan Makanan, Mengantar Makakanan, Untuk Jasa Pelayanan Jasa Pesan Antar Saat Ini Kami Belum Bisa Melayani Melihat Karena Kita Masih Kekurangan Pegawai Dan Untuk Membeli Kendaraan Belum Bisa Kami Membelinya, Karena Kami Pada Tahun ini Anggarannya Fokus Pada Pembukaan Cabang Baru.
C. Ruang Lingkup
Untuk Ruang Lingkup Sendiri Dimana Usaha Rumah makan Ini Posisinya Sangat Startegi Karena Posisinya Pas Dipinggir Jalan Poros Adi Sucipto, Dan Tepat Dekat Posisi Tempat Kos, Perumahan, Perkantoran, Pergudangan.
D. Profil Pengusaha
Nama Pemilik Usaha : Bapak. Sumarwan
Tempat/ Tanggal Lahir : Bantul, 02 April 1978 / 34 Tahun
Nama Istri : Siti Insiah
Nama Anak : Olivia Widya Puspita
Jumalah Karyawan : 4 Orang
BAB VI
RENCANA PRODUKSI DAN PEMASARAN
1. Proses produksi
Setia Pagi Jam 05.00 Wib Pemilik Rumah Makan (Pak Sumarwan) Sudah Berangkat Kepasar Untuk Membeli Bahan Baku, Pak Sumarwan Berkeliling Kesemua Pasar Yang Ada Di Pontianak, Karena Di Setiap Pasar Harga Bahan Bakunya Berbeda-beda, Setiap Hari Pak Sumarwan Menghabiskan Waktu Untuk Kepasar Dari Jam 05.00 Sampai 09.00 Wib, Sehabis Dari Pasar Pak Sumarwan Langsung Mengelolah Bahan baku Yang Dibelinya, Adapun Proses Produksinya :
BAHAN BAKU
|
PEMAKAIAN / PERHARI
|
PROSES PRODUKSI
|
KETERANGAN
|
Lele
|
8 kg
|
Dimasak
|
Menu Makanan
|
Ayam
|
10 ekor
|
Dimasak
|
Menu Makanan
|
Kemangi
|
1 kg
|
Dicuci
|
Lalapan Ayam/ Lele
|
Timun
|
4 kg
|
Dipotong
|
Lalabal Ayam/ Lele
|
cabe rawit
|
1 kg
|
Digiling
|
Sambal Ayam / Lele
|
cabe besar
|
1 kg
|
Digiling
|
Sambal Ayam / Lele
|
Terasi
|
1 bgks
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Garam
|
3 bgks
|
Penyedap Masakan
|
Bumbu Masakan
|
Beras
|
30 kg
|
Dimasak
|
Menu Makanan
|
Jeruk
|
1 kg
|
Diperas
|
Menu Minuman
|
Kol
|
1buah
|
Dipotong
|
Lalabal Ayam/ Lele
|
Tomat
|
1/2 kg
|
Digiling
|
Sambal Ayam / Lele
|
bawang merah/putih
|
1 kg
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
minyak goreng
|
5 kg
|
Diapakai Menggoreng Ayam / Lele
| |
gula merah
|
3 bgks
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
gula pasir
|
5 kg
|
Penyedap Masakan
|
Bumbu Masakan
|
Keminting
|
1ons
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Jahe
|
1ons
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Kunyit
|
1ons
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Ketumbar
|
1ons
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Micin
|
1 kntg
|
Digiling
|
Bumbu Masakan
|
Semangka
|
1buah
|
Diperas
|
Menu Minuman
|
Susu
|
1klg
|
Dicampur
|
Menu Minuman
|
Alpokat
|
1kg
|
Diperas
|
Menu Minuman
|
Apel
|
1kg
|
Diperas
|
Menu Minuman
|
Sawo
|
1kg
|
Diperas
|
Menu Minuman
|
2. Peralatan pengelola
No
|
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Gerobak
|
2
|
Rp 2,500,000
|
2
|
Gerobak tarik
|
1
|
Rp 300,000
|
3
|
Serok
|
3
|
Rp 45,000
|
4
|
Kompor Gas
|
2
|
Rp 500,000
|
5
|
Tabung gas
|
2
|
Rp 150,000
|
6
|
Mesin gilling bumbu
|
1
|
Rp 3,200,000
|
7
|
Alat pemotong bawang
|
1
|
Rp 45,000
|
8
|
Pisau
|
4
|
Rp 12,000
|
9
|
Termos
|
2
|
Rp 200,000
|
10
|
Wajan
|
3
|
Rp 75,000
|
11
|
Serok
|
1
|
Rp 30,000
|
12
|
Blender
|
2
|
Rp 170,000
|
13
|
Kain lap
|
10
|
Rp 12,000
|
14
|
Sapu
|
3
|
Rp 20,000
|
15
|
Tempat cuci piring
|
1
|
Rp 250,000
|
16
|
Sabun cuci
|
2
|
Rp 15,000
|
17
|
Telanan
|
3
|
Rp 45,000
|
18
|
Timbangan
|
1
|
Rp 150,000
|
19
|
Kulkas/freezer
|
1
|
Rp 1,150,000
|
20
|
Galon
|
3
|
Rp 225,000
|
21
|
Irus
|
3
|
Rp 50,000
|
22
|
Gelas
|
24
|
Rp 300,000
|
23
|
Cangkir
|
24
|
Rp 350,000
|
24
|
Tisu
|
10
|
Rp 75,000
|
25
|
Kursi
|
50
|
Rp 750,000
|
26
|
Meja
|
8
|
Rp 400,000
|
27
|
Sendok
|
30
|
Rp 390,000
|
28
|
Garpu
|
30
|
Rp 390,000
|
29
|
Penyaring minyak
|
1
|
Rp 35,000
|
30
|
Pemeras jeruk
|
1
|
Rp 100,000
|
JUMLAH
|
Rp 11,684,000
|
3. Sumber bahan makanan
No
|
Nama bahan
|
Jumlah
|
Harga /Kg
|
Harga
|
Sumber bahan baku
|
1
|
Lele
|
8kg
|
Rp 15.000
|
Rp 120,000
|
Pasar
|
2
|
Ayam
|
10 ekor
|
Rp 32,000
|
Rp 320,000
|
Pasar
|
3
|
Kemangi
|
3 ons
|
Rp 1,000
|
Rp 3,000
|
Pasar
|
4
|
Timun
|
4 kg
|
Rp 11,000
|
Rp 44,000
|
Pasar
|
5
|
cabe rawit
|
1kg
|
Rp 20,000
|
Rp 20,000
|
Pasar
|
6
|
cabe besar
|
1kg
|
Rp 16,000
|
Rp 16,000
|
Pasar
|
7
|
Terasi
|
1 bgks
|
Rp 8,000
|
Rp 8,000
|
Pasar
|
8
|
Garam
|
3 bgks
|
Rp 1,000
|
Rp 3,000
|
Pasar
|
9
|
Beras
|
30 kg
|
Rp 9,000
|
Rp 270,000
|
Pasar
|
10
|
Jeruk
|
1kg
|
Rp 17,000
|
Rp 17,000
|
Pasar
|
11
|
Kol
|
5 buah
|
Rp 5,000
|
Rp 25,000
|
Pasar
|
12
|
Tomat
|
1/2 kg
|
Rp 30,000
|
Rp 15,000
|
Pasar
|
13
|
Bawang merah/putih
|
1 kg
|
Rp 12,000
|
Rp 12,000
|
Pasar
|
14
|
minyak goreng
|
5kg
|
Rp 15,000
|
Rp 75,000
|
Pasar
|
15
|
gula merah
|
3 bgks
|
Rp 2,500
|
Rp 7,500
|
Pasar
|
16
|
gula pasir
|
5kg
|
Rp 12,000
|
Rp 60,000
|
Pasar
|
17
|
Keminting
|
1ons
|
Rp 6,000
|
Rp 6,000
|
Pasar
|
18
|
Jahe
|
1ons
|
Rp 700
|
Rp 700
|
Pasar
|
19
|
Kunyit
|
1ons
|
Rp 700
|
Rp 700
|
Pasar
|
20
|
Ketumbar
|
1ons
|
Rp 1,000
|
Rp 1,000
|
Pasar
|
21
|
Micin
|
1 kntg
|
Rp 2,500
|
Rp 2,500
|
Pasar
|
22
|
Semangka
|
3buah
|
Rp 20,000
|
Rp 60,000
|
Pasar
|
23
|
Susu
|
5 klg
|
Rp 7,000
|
Rp 35,000
|
Pasar
|
24
|
Alpokat
|
2 kg
|
Rp 17,500
|
Rp 17,500
|
Pasar
|
25
|
Apel
|
1 kg
|
Rp 16,000
|
Rp 16,000
|
Pasar
|
26
|
Sawo
|
1 kg
|
Rp 19,500
|
Rp 19,500
|
Pasar
|
JUMLAH
|
Rp 1,174,400
|
3. Penetapan Harga
No
|
Makanan/Minuman
|
Harga/Porsi
|
1
|
Pecel ayam goreng/bakar
|
Rp 15,000
|
2
|
Pecel lele goreng/bakar
|
Rp 13,000
|
3
|
Nasi goreng
|
Rp 8,000
|
4
|
Teh panas/dingin
|
Rp 2,000
|
5
|
Es jeruk kecil
|
Rp 3,000
|
6
|
Es jeruk besar
|
Rp 4,000
|
7
|
Es teler
|
Rp 6,000
|
8
|
Air mineral
|
Rp 1,000
|
4. Omset penghasilan
- Penghasilan Kotor Perhari Rp. 1.500.000
- Pengeluaran Perhari (Bahan Baku) Rp. 1.174.000 -
Rp. 326.000
- Penghasilan Bersih Perhari Rp. 326.000,-
- Penghasilal Perbulan Rp. 326.000 X 30 Hari = Rp. 9.780.000,-
- Bayar Gaji Pegawai 4 Orang Rp. 4.000.000,-
- Bayar Sewa Tempat Usaha Rp. 1.500.000,-
- Bayar Listrik Dan Air Rp. 800.000,-
Rp. 3.480.000,-
- Penghasilan Bersih Perbulan Rp. 3.480.000,-
5. Pelaku distribusi
· Pemilik usaha => mengawasi karyawan kerja dan selalu member nasihat atau solusi gimana caranya melayani pelanggan dgn baik .
· Karyawan 4 orang terdiri dari :
1. Bagian masak 2 karyawan
2. Bagian order/pelayan 1 orang
3. Bagian pembersih/cuci piring 1 orang
4. Bagian kasir merangkap
6. Promosi dan pengembangan produk
· Dari mulut ke mulut
· Membuat spanduk/baleho atau tulisan di tempat usaha
Pengembangan produk
Ø Mempunyai jaringan baru d sei. Raya dalam
7. Permasalahan
· Kekurangan Pegawai
· Tempat Yang Sempit
· Kebersihan Tempat
8. Alternative permasalahan
· Karyawan
Ø Di adakan penyedian tenaga kerja
Ø Pelatihan tenaga kerja siap pakai
· Tempat usaha
Ø Melihat tempat usaha yang ramai
· Kondisi ekonomi
Ø Kepemerintahan
· Kebersihan ruang lingkup dan minyak di bersihkan atau di ganti dengan yang baru
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Setelah Kita Amati Dan Kita Riset Bahwa Usaha Rumah Makan Adalah Usaha Yang Menjanjikan, Dimana Usaha Ini Apabila Kita Tekuni Dan Kita Berusahan Dengan Tidak Mudah Menyerah Kita Akan Mendapatkan Kesuksesan Menjadi Pengusaha, Tapi Tidak Terlepas Dari Bagaimana Kita Menjalankannya. Usaha Rumah Makan Ini Harus Mempunyai Resep Dan Strategi Marketing Yang Baik, Dimana Usaha Rumah Makan Tenda Ini Harus Ada Perhatian Pemerinta Juga Karena Kadang Usaha Rumah Makan Tenda Ini Hanya Menumpang Pada Lahan-Lahan Kosong Milik Orang, Apabila Sipemilik Tanah Ini Sudah Membangun Makan Akan Terjadi Perpindah Tempat Usaha, dan masalahnya ada Pada Konsumen Yang sudah Menjadi Langganan Tetap Rumah Makan Tenda Tersebut Mereka Harus Mencari Lagi Rumah Makan Ini Pindah Dimana, Dimana Yang Saya Katakan Tadi Bahwa Pemerinta Harus Memberikan Lahan Untuk Usaha Rumah Makan Tenda, Disamping Mengatur Tata Kota Yang Indah, Dan Rumah Tenda Ini Mendapatkan Tempat Yang Layat Dan Konsumen Yang Datang Pun Akan Senang.
SARAN-SARAN
Ada Berapa Poin Yang Harus Diperhatikan Oleh Pengusaha Rumah Makan Tenda Yaitu
- Menjaga Kebersihan Tempat
- Memiliki Tempat Yang Stategis Dan Ada Pemandangan Yang Indah
- Memberikan Potongan Harga Atau diskon Kepada kosumen Tetap
- Melayani Pesan Antar Untuk Konsuman Baru Dan Konsuman Tetap
- Setiap Melayani Konsumen Harus Desertai Dengan senyuman
Langganan:
Postingan (Atom)